Studi Alam Terbuka FIKRI FMIPA UNTAN Pontianak 2012

Sabtu, 30 Maret 2013

Bismillah... Kembali lagi hadir postingan terbaru di tahun 2013 setelah sebelumnya hanya menceritakan kisah semasa SMK, sekarang Sya ingin membagikan sedikit flashback kegiatan yang Sya ikuti semenjak baru masuk kedalam proses kuliah (maklum masih Mahasiswa Baru). Kita lanjut ke Tekapeeee. He~he.

Apa itu Studi Alam Terbuka?.
Studi Alam Terbuka atau yang biasa disingkat dengan STAR adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura Pontianak oleh Lembaga Dakwah Kampus FIKRI (Forum Ilmiah Keluarga Islam) bertujuan untuk membentuk sikap dan mental Mahasiswa yang selalu bersyukur akan kekuasaan dan ciptaan Allah Swt. Melalui Studi di Alam Terbuka.

Dimana Tempatnya dan Siapa Saja yang Mengikuti?.
Tanggal 23 s/d 25 Desember 2012 bertempat di Sedau, Singkawang, Kalimantan Barat kegiatan STAR dilaksanakan. Kegiatan ini di ikuti oleh Prodi yang tergabung dalam FMIPA Untan yaitu 5 Prodi (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan yang terakhir Sistem Komputer).

Perkenalan Kelompok.
Sebelum lebih jauh menceritakan kegiatan yang dilaksanakan, ada baiknya Kami memperkenalkan kelompok Kami terlebih dahulu. Kami dari Prodi Sistem Komputer membagi ke dalam 3 kelompok yaitu 2 Kelompok Ikhwan (putra) dan 1 Kelompok Akhwat (putri). Dan ketentuan mengenai nama kelompok yang ditetapkan oleh Panitia adalah berdasarkan nama Sahabat-Sahabat Rasulullah SAW. Berikut daftar-daftar nama kelompok yang mengikuti STAR:
·         Ikhwan
1.       Matematika : Mujahid.
2.       Fisika : Bilal (jak).
3.       Kimia : Abu Bakar.
4.       Biologi : Muhammad al-Fatih.
5.       Sistem Komputer : Bilal bin Rabbah dan Khalid bin Walid (kelompok Sya).
·         Akhwat
1.       Matematika : safiyah, Aisyah.
2.       Fisika : Nusaibah.
3.       Kimia : Fatimah Azzahra.
4.       Biologi : Lubaba, Rumaisah.
5.       Sistem Komputer : Sofiyah.

Hari Pertama
Berkumpul di halaman FMIPA hari Kamis (23/12) pukul 06.00 Kami merapatkan barisan untuk mengikuti rangkaian pelepasan oleh Pembantu Dekan 3 (Bu Haryati) sebelum pemberangkatan ke tempat tujuan. Setelah itu dibagikan Slayer dan buku STAR yg berfungsi sebagai perlengkapan pribadi serta sarana perkenalan dengan peserta lain agar lebih memperdalam Ukhuwah Islamiyah diantara Kami.
Yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang juga yaitu berangkat ke medan pertempuran (he~he).  Tak lupa Kami berdo’a agar selama perjalanan diberi keselamatan dan tetap menjaga semangat dari awal hingga akhir.

Peserta memasuki bus dan bersiap dalam keberangkatan, selama di perjalanan Kami diberi tugas oleh Panitia untuk menghafal lagu bingkai kehidupan (bisa di unduh disini) dan jejak (bisa di unduh disini). Suasana riuh di dalam bus pun tak terhindarkan lagi, menyanyikan dengan penuh semangat (sayang suara nya tak begitu bagus,tapi tak apa lah :D).

Sesampainya di TKP (Akhirnya sampai juga) Kami langsung melaksanakan shalat Dzuhur jamak berjamaah dan beristirahat sejenak makan bekal siang di bawah pepohonan. Tak lama Bang Nircho (Senior Siskom 2011) memberi intruksi untuk berkumpul memberi arahan mengenai tatib selama kegiatan.

Kegiatan pertama pun dimulai, yaitu materi tentang “Awali dengan Niat”. Mendapatkan materi di tepi Pantai dengan suasana yang luar biasa indah, pastinya akan membuyarkan segala fokus antara mendengarkan materi dengan meikmati pemandangan sekitar. He~he (semoga tidak ketahuan). 

Tak berhenti sampai disitu keagungan Allah yang Kami rasakan. Seusai materi yang disampaikan, Kami diberi intruksi untuk bersiap melaksanakan shalat maghrib jamak berjamaah. Namun shalat maghrib ini sangat berbeda dengan yang biasa Sya lakukan yaitu Shalat maghrib di tepi pantai menghadap matahari terbenam dan suasana langit yang jarang sekali dilihat pada suasana hiruk pikuk perkotaan.

Malam pun datang dengan perlahan tanpa terasa, kegiatan berlanjut dengan materi kedua yaitu “Kesungguhan hati”. Tak lengkap rasanya jika tidak menceritakan suasana sekitar, gelap dan tenang mungkin itu yang bisa digambarkan dengan obor di sekitar Kami yang membantu untuk menerangi suasana malam. 

Simulasi pun dilakukan untuk memperkuat argumn yang disampaikan, dengan bola lampu, sebuah piring kaca, dan seorang yang mempraktikannya yaitu Wahyu Rudiyan Saputran dari Prodi Sistem Komputer (Bilal bin Rabbah). Pertama-tama bola lampu dipegang dengan tangan lurus ke depan, dan dibawahnya piring telah siap untuk menahan jatuhnya bola lampu tersebut, kemudian bola lampu dijatuhkan. APAKAH YANG AKAN TERJADI?. Pasti yang pertama dibenak para peserta adalah bola lampu yang akan pecah. Namun ajaibnya bukanlah bola lampu yang pecah, melainkan piring dibawahnya yang pecah. Apa yang bisa didapat dari pelajaran tersebut, ternyata jika diibaratkan suatu masalah yang bahkan lebih besar akan terselesaikan jika Kita mempunyai tekad dan kesungguhan dalam menghadapinya.

Usai materi yang disampaikan, kemudian Kami diintruksikan untuk berkumpul mendengarkan pengumuman bintang, yaitu urutan keaktifan dan terbaik di hari pertama kegiatan. Urutan nya sebagai berikut: Bintang Cemerlang (Bilal), Bintang Kelabu (Khalid bin Walid), Bintang Kelam (Muhammad al-Fatih), Bintang Redup (Mujahid), Bintang Gelap (Abu Bakar), dan yang terakhir Bintang Mati (Bilal bin Rabbah).

Tentu urutan ini hanyalah penilaian di hari pertama kegiatan, masih ada kesempatan untuk merubah urutan tsb esok hari. Sadar dengan hal itu, tentu Kami (Khalid bin Walid) harus memperbaiki kekompakan dalam kelompok dan lebih aktif lagi mengikuti kegiatan yang ada. Dengan diumumkan ny urutan, Kami diberikan waktu mengistirahatkan diri untuk mempersiapkan di hari esok. “It’s time to sleep”.

Hari Kedua
Tepat jam 12 malam Kami dibangunkan untuk  berkumpul melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mendaki bukit, Kami pun bergegas mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan dalam perjalanan. Penasaran mungkin  hinggap di fikiran Kami, kegiatan apa yang akan berikutnya dijalani. Ternyata setelah itu Kami diberitahu bahwa kegiatan berikutnya adalah mendaki bukit (hiking). 



Video Yel-yel Kelompok Khalid bin Walid (Must see) :D

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers on Facebook

 
Copyright © 2011. Jangan Malu Menjadi Programer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger