Persembahan Terakhir Untuk SMKN7 Ptk

Selasa, 14 Agustus 2012

Kembali lagi dengan postingan prestasi untuk kedua kalinya dalam bidang desain grafis. Kali ini Saya akan membahas tentang lomba yang telah Saya ikuti di UNTAN (Universitas Tanjungpura) Pontianak beberapa waktu yang lalu.



Saya awali dari melihat informasi yang tertempel di mading sekolah Saya SMKN 7 Pontianak yaitu tentang lomba SCREEN (System Computer Grand Event) 2012 yang berlombakan Olimpiade Komputer di bidang Pemograman Pascal dan Desain Grafis.



Bermodalkan kepercayaan diri atas kemenangan yang telah diraih pada saat lomba Desain Grafis di SMK Immanuel Ptk (3/2) akhirnya Saya memberanikan diri untuk ikut serta dalam lomba tersebut walau pun tanpa dukungan dari sekolah (SMKN7) . Saya (Gunawan)Bersama Gilang Fajar Madiko mengikuti Desain Grafis, sedangkan Bayu Ridho Prawiro, dan Achmad Gunawan mengikuti Olimpiade Komputer bidang Pemograman Pascal.


Hari perlombaan pun telah tiba (21/4) bertempat di Auditorium UNTAN Pontianak. Peserta dari Sekolah lain juga telah ramai berdatangan. Acara di buka oleh Rektor UNTAN dan diisi oleh hiburan dari Band Mahasiswa Untan.
Pembukaan motong tumpeng Gan. :D

Salaman dulu biar lebih akrab. :D
Yang di belakang itu namanya Pak Cucu (Sekarang jadi dosen ane Gan).

Walau telah sering mengikuti lomba seperti ini,tetapi perasaan gugup pasti ada Gan. He~he.
Namun yang menjadi persoalan tak hanya datang dari diri sendiri, melainkan pesaing-pesaing dari Sekolah lain yang tentunya lebih berpengalaman  dari Kami. Itu lah yang menyebabkan Kami tidak boleh meremehkan pesaing untuk menjadikan itu sebagai motivasi.


Suasana Lomba Gan, terbayang kan rasanya gimana.

Perlombaan hampir memasuki waktu nya, Kakak dan Abang-Abang Panitia dari Jurusan Sistem Komputer mulai membagi 2 kelompok wilayah lomba Desain Grafis dan Pemograman.
Berikut adalah ketentuan dari lomba Desain Grafis:
-  Tema Desain ditentukan oleh Panitia (Peserta tidak tahu apa yang akan di desain sebelumnya).
- Desain berbentuk poster berukuran A4 (US. Paper).
- Dikerjakan dalam waktu 1 jam 30 menit.
- Bebas menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau CorelDraw.

Setelah ketentuan dari Panitia dibacakan Kami pun di perintahkan untuk melhat ID Card Peserta lomba karena masing – masing peserta sudah ditentukan tempatnya melalui nomor yang tertera tsb. Setelah menempati tempat masing – masing peserta diarahkan Panitia untuk menyetting koneksi jaringan dengan server Panitia karena pengumpulan hasil desain di upload melalui website yang telah dipersiapkan Panitia.

Setelah semuanya siap, Saya mulai mengambil kertas pengundian yang berisi tema yang harus didesain. Petaka pun terjadi akhir nya Saya mendapatkan kertas bertuliskan “SENI”. Teman Saya yang bernama Gilang juga mendapat tema yang sama. Mau tidak mau karena itu adalah ketentuan dari Panitia Kami harus mendesain poster bertemakan Seni dan Budaya.

Perlombaan pun dimulai, Tak sampai 1 jam 30 menit peserta dari sekolah lain telah menyelesaikan  desainnya. Yang tersisa hanya lah Saya dengan pesaing dari SMKN3 Ptk bernama Umar Akib yang juga merupakan juara 3 dari Lomba Desain Grafis di SMK Immanuel (3/2).
Waktu lomba telah memasuki akhirnya, desain pun terselesaikan. Tugas terakhir hanyalah mengupload hasil gambar.
Terasa pesimis dengan hasil desain, namun itu hanyalah babak penyisihan yang nantinya akan diseleksi lagi menjadi 10 orang untuk mengikuti babak final.

Hari terus berlalu, penantian Kami akan pengumuman peserta finalis juga telah di posting melalui blog himaster (http://himaster-untan.blogspot.com). Ajaib ternyata Saya dengan Gilang lolos ke final untuk ikut serta dalam penentuan juara.
Tetapi 2 teman Kami yang mengikuti lomba pemograman tidak lolos ke final yang di dominasi oleh SMA.
Tentu pengumuman tsb tidak boleh menjadikan Kami berbangga diri, sebab ada 1 tahap lagi yang harus diselesaikan untuk membuktikan semuanya.

Babak Final juga telah tiba (Kamis 17/5), Kami pun berkumpul  di Gedung Anex UNTAN untuk mendapat arahan Panitia.
Berikut adalah ketentuan Desain babak final:
 - Tema Desain ditentukan oleh Panitia (Peserta tidak tahu apa yang akan di desain sebelumnya).
- Desain berbentuk logo dan merupakan hasil sendiri bukan mengambil bahan dari gambar lain.
- Maksimal kata yang di buat dalam logo adalah 5 kata (berukuran bebas).
- Logo berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.
- Dikerjakan dalam waktu 2 jam.
- Bebas menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau CorelDraw.

Di babak final agak terasa menyulitkan karena logo yang harus di buat baru diberitahu oleh Panitia hari itu juga.  “Sistem Komputer” adalah logo yang harus Kami buat.
Kami pun selesai, jam istirahat makan mulai memasuki waktunya. Sambil Panitia menilai hasil desain, hiburan ditawarkan oleh Panitia dan di lanjutkan seminar yang disampaikan Dosen UNTAN mengenai Keuntungan Bisnis Website.

Kegiatan ditutup oleh Rektor UNTAN, dan akhirnya tiba pengumuman pemenang, Sentak para peserta lomba dan seminar terdiam untuk mendengar hasil.
- Pemenang Olimpiade Komputer bidang pemograman:
Juara 1 dimenangkan oleh SMA Santo Petrus.
Juara 2 dimenangkan oleh SMAN 3.
Juara 3 dimenangkan oleh SMA Santo Petrus.

- Pemenang Olimpiade Komputer bidang Desain Grafis:
Juara 1 dimenangkan oleh SMKN 7 An. Gunawan.
Juara 2 dimenangkan oleh SMAN 1 An. Gita Agastya.
Juara 3 dimenangkan oleh SMKN3 An. Umar Akib.

Mendengar pengumuman itu Kami yang dipanggil maju untuk penyerahan piala Bergilir, piala tetap dan sejumlah hadiah.

 Lumayan Gan, ini penampakan piala bergilirnya.
Foto-foto dulu. :D
(kanan) juara Pemograman, (kiri) juara Desain Grafis.

Untuk kesekian kalinya Saya bersyukur kepada Allah karena masih diberi kepercayaan lagi untuk menjadi juara untuk membuktikan diri dan membuat Orang tua bangga.
Terima Kasih juga buat teman-teman untuk segala support nya, tak lupa Saya sampaikan terima kasih kepada guru – guru yang telah memberikan Saya banyak masukkan dalam ilmu grafis yaitu Pak Juni dan Pak Ade.

Sekali lagi Terima Kasih SMKN 7.
Maaf hanya ini yang bisa Saya berikan di  di akhir masa Sekolah, semoga dengan ini bisa membuat adik-adik SMKN7 lebih termotivasi lagi untuk berprestasi dan membesarkan nama sekolah.
Aami..in.


Share this article :

3 komentar:

  1. keren bro..
    rupanya master desain nih..
    boleh berguru nih,..

    BalasHapus
  2. hebat... aku pernah ikutan lomba tentang pembuatan blog.. alhamdulillah masuk sepuluh besar namun belum kesampean jadi juara

    BalasHapus
  3. Priyadi: Terima kasih Bro,salam kenal.
    Ndak juga master desain,kbetulan aj bisa menang.
    Sama2 belajar.

    Ahmad: Jngan prnah nyerah Bro,ane juga bbrapa kali ikut lomba desain,tp cmn 2 kali menang ny.
    :D

    BalasHapus

Followers on Facebook

 
Copyright © 2011. Jangan Malu Menjadi Programer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger