Saya Buktikan dengan Kreasi Photoshop

Selasa, 24 April 2012

Kembali lagi dengan postingan terbaru gan, setelah sekian lama tidak aktif di blog akhirnya saya mempunyai waktu luang untuk memperbaharui postingan. Setelah postingan sebelumnya selalu membahas materi pemograman, kali ini mungkin agak berbeda karena Saya akan membahas tentang pengalaman kehidupan Saya terutama sewaktu SMK yg sebentar lagi bisa merdeka dengan bersorak gembira menyatakan “LULUS”. Aami..in :D.


 Saya akan membahas tentang lomba yang Saya ikuti dan bertema “Omongan Kalian Saya Buktikan dengan Prestasi Desain Grafis”. Langsung saja Kita lihat di Te Ka Peeeee. Seperti layaknya Siswa biasa yang mempunyai hobi tentang suatu aktifitas, yang Saya sukai adalah ilmu komputer di bidang Desain Grafis, walaupun sebenarnya Saya adalah siswa SMK 7 Pontianak jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (pemograman). Karena menurut Saya desain grafis mempunyai kesulitan tersendiri yang menantang kreatifitas dalam diri untuk berkembang.

Selain dengan niat dari diri sendiri, Saya memiliki Guru yang juga menyukai bidang ini yaitu Pak Juni (Guru BK dan juga Photografer). Beliau termasuk Guru yang berjasa karena beliau lah yang selalu memberikan dukungan dan kesempatan bagi Saya untuk mengikuti berbagai lomba-lomba yang ada di Pontianak. 

Berawal dari informasi yang diberikan oleh Pak Juni inilah ada kesempatan bagi Saya untuk mengikuti Lomba Digital Imaging & Foto On The Spot di Pontianak Convention Center tingkat Umum (2011) selama 5 hari yang dinilai langsung oleh Wakil Walikota Pontianak Pak Paryadi. Akan tetapi, hasil nya tidak memuaskan yang membuat Saya tidak dapat memenangkan perlombaan tersebut. Saya sadar itu bukanlah akhir, namun yang Saya yakini itu merupakan bekal awal bagi Saya untuk memotivasi diri untuk belajar menjadi lebih baik lagi. 

Tak lama setelah event itu Kemudian Saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti “Lomba Desain Grafis tingkat SMA/Sederajat se-Kota Pontianak”. Tentu Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan, Saya belajar keras untuk bisa menghasilkan karya yang memuaskan. Sehari sebelum perlombaan, Saya mendapat omongan yang kurang mengenakkan dari teman sendiri yang mengatakan “Ahh, Pasti kalah bah kayak yang sebelum-sebelumnya” (dengan tertawa dia mengatakan itu). Yang Saya lakukan hanyalah tersenyum dan tidak mengatakan apapun karena Saya sadar bicara tidak akan membuktikan apapun, tetapi biarkan bukti yang berbicara. 

Tiba pada saat hati perlombaan tertanggal 3 Februari 2012 di SMK Immanuel, tentu jantung berdebar merasakan aura kompetisi dari masing-masing Peserta. Inilah ketentuan-ketentuan yang diberikan Panitia untuk hasil desain: 
  • Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop atau CorelDraw. 
  • Tema yang diusung: Valentine, Imlek, dan HUT SMK Imanuel.
  • Hasil yang harus dibuat adalah sebuah Sampul Majalah Sekolah yang bernama “Gilda Magazine” berukuran A4 dan logo merupakan hasil karya sendiri dengan salah satu warna yang dominan. Menyebutkan edisi terbatas pada majalah. 
  • Stok gambar disediakan oleh Panitia, dan Peserta tidak diperkenankan untuk membawa stok gambar sendiri. 
  • Waktu pengerjaan 3 jam. 
Di dalam perlombaan Saya mendapatkan kesulitan karena stok gambar yang disediakan berukuran kecil, sedangkan resolusi yang dibutuhkan haruslah sesuai dengan ukuran A4. Akan tetapi protes pun tidak bisa Saya lakukan karena Saya harus berusaha dengan stok gambar yang ada menghasilkan karya yang maksimal dengan kemampuan Saya sendiri. 

Hasil Akhir Desain

Waktu 3 jam pun telah berlalu, perlombaan dianggap selesai. Namun, hasil pengumuman tidak langsung disebutkan karena masih menunggu acara puncak yang akan di laksanakan esok hari, Sabtu (4/2). Ada kebingungan dari diri Saya karena Sabtu bertepatan dengan pertandingan Futsal Justitia X di Gor Pangsuma melawan SMK Negeri 3. 

Bagaimanapun juga kedua kegiatan tersebut harus Saya ikuti tanpa harus ada yang dilewatkan karena kedua-duanya merupakan kegiatan penting. Sore hari nya (4/2) sekitar jam 16.00 WIB waktu berakhirnya pertandingan dengan skor (9-3) dengan kemenangan Sekolah Kami. Saya pun harus bergegas ke Acara pengumuman karena Acara sudah dimulai. 

Tibalah Saya ditempat acara, dan tiba tepat waktu pada saat pengumuman. Dengan perasaan yang deg-degan menguasai diri, Saya mencoba untuk tenang. Saya sempat merasa kecewa setelah pengumuman Juara 3 dan Juara 2 tidak disebutkan nama Saya. Saya tertunduk pasrah karena kecil harapan untuk mendapat juara. Dan setelah itu Saya tersentak kaget setelah mendengar… 

Kami mohon maaf jika nama yang disebutkan salah, Juara 1 Lomba Desain Grafis 2012 adalah GUNAWAN dari SMK Negeri 7!!!”,Dewan Juri berucap. Sejenak meghirup nafas dan langsung mengucap Alhamdulillah dari kata-kata yang sempat Saya tak percayai keadaan ini. Akhirnya Saya maju menerima penghargaan diantaranya adalah Piala, Uang, Sertifikat, Voucher Pelatihan Linux Server, dan Souvenir-souvenir lainnya. 

Saya sangat bersyukur akhirnya Saya dapat memberikan piala pribadi untuk sekolah di akhir masa sekolah dan dapat membuat Orang Tua tersenyum bangga merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai harga nya. Dan terlebih lagi Saya membuktikan kepada teman yang sempat merendahkan Saya, dan membuatnya menarik kembali kata-katanya. 

Terima kasih ya Rabb, Kau telah mengizinkanku untuk merasakan nikmatnya menjadi Juara. Dan satu hal yang Saya dapati, yaitu Jika A adalah ‘sukses’, maka rumusnya adalah ‘A=X+Y+Z’, dimana X adalah ‘usaha’, Y adalah ‘tekad’, dan Z adalah jaga mulut anda agar tetap tertutup dan biarkan bukti yang berbicara

Penyerahan Piala kepada Sekolah

Semoga postingan ini bisa membuat Agan termotivasi dan terinspirasi untuk menjadi pribadi yang selalu berusaha walau kegagalan menimpa diri dan jadikan kegagalan sebagai anak tangga berikutnya menuju keberhasilan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers on Facebook

 
Copyright © 2011. Jangan Malu Menjadi Programer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger