Apa itu Java

Senin, 28 Februari 2011

Java adalah bahasa pemrograman yang disusun oleh James Gosling yang dibantu oleh rekan-rekannya di suatu perusahaan perangkat lunak yang bernama Sun Microsystems, pada tahun 1991.

Bahasa pemrograman ini mula-mula diinisialisasi dengan nama “Oak”, namun pada tahun 1995 diganti namanya menjadi “Java”.

Menurut definisi Sun, Java adalah nama sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan.

Java berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin.

Oleh karena itu bahasa Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan pada system operasi tersebut terdapat JVM. Alasan utama pembentukan bahasa Java adalah untuk membuat aplikasiaplikasi yang dapat diletakkan di berbagai macam perangkat elektronik, sehingga Java harus bersifat platform independent (tidak bergantung pada platform).

Itulah yang menyebabkan dalam dunia pemrograman Java dikenal adanya istilah ‘write once, run everywhere’, yang berarti kode program hanya ditulis sekali, namun dapat dijalankan di bawah platform manapun, tanpa harus melakukan perubahan kode program.

* Arsitektur Java
Secara arsitektur, Java tidak berubah sedikitpun sejak awal mula bahasa tersebut dirilis. Compiler Java (yang disebut dengan javac atau Java Compiler) akan mentransformasikan kode-kode dalam bahasa Java ke dalam suatu bytecode. Dimana bytecode adalah sekumpulan perintah hasil kompilasi yang kemudian dapat dieksekusi melalui sebuah mesin komputer abstrak, yang disebut dengan JVM (Java Virtual Machine).

JVM juga sering dinamakan sebagai interpreter, karena sifatnya yang selalu menerjemahkan kode-kode yang tersimpan dalam bytecode dengan cara baris demi baris.
Untuk menjalankan program Java, maka file dengan ekstensi .java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Dimana untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.

* Java 2
Sun Microsystems telah mendefinisikan tiga buah edisi dari Java 2, yaitu sebagai berikut :

Java 2 Standard Edition (J2SE), adalah inti dari bahasa pemrograman Java. JDK merupakan salah satu tool dari J2SE untuk mengkompilasi dan menjalankan program Java. Di dalamnya terdapat tool untuk mengkompilasi program Java dan JRE. J2SE ini digunakan pada perangkat keras seperti komputer desktop.
Java 2 Enterprise Edition (J2EE), merupakan superset dari J2SE yang memperbolehkan kita untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berskala besar (enterprise) karena dijalankan pada jaringan komputer.
Java 2 Micro Edition (J2ME), merupakan subset dari J2SE yang digunakan untuk menangani pemrograman di dalam perangkat-perangkat kecil, yang tidak memungkinkan untuk mendukung implementasi J2SE secara penuh. Paket J2ME digunakan pada perangkat yang memiliki memory kecil seperti ponsel, pager atau PDA.

* Program Java
Program-program java dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
  • Application , yaitu program yang dapat dijalankan dari command prompt suatu sistem operasi. Application yang berdiri sendiri dapat berupa window-based application atau console application. Window-based application menggunakan antar muka grafikal sedangkan console application menggunakan karakterkarakter tanpa antar muka grafikal.

    Application yang berdiri sendiri dapat mengakses resources yang ada pada computer tersebut. Networked application dapat menggunakan resources yang ada pada jaringan.
    Distributed applications dapat mengakses obyek yang berjalan pada pada beberap computer melalui jaringan. Application dapat membaca dan menuliskan file pada computer local, dapat juga membuat koneksi jaringan, mengakses resources melalui jaringan dan me”launch” application melalui jaringan.

    Application yang berdiri sendiri terletak pada hard disk local computer. Pada saat akan dieksekusi maka application ini diambil dari hard disk dan kemudian dieksekusi dimemori.
  • Applet , yaitu program java yang dieksekusi di dalam web page. Untuk menggunakan applet maka diperlukan browser yang mendukung Java, seperti MS Internet Explorer 4.0 , Netscape Navigator 4.0 atau HotJava. Applet di “load” dan dieksekusi pada saat user me-”load’ web page menggunkan web browser. Pada saat web page yang berisi applet ditampilkan, pengguna sebenarnya berinteraksi dengan applet.
    Applet mudah digunakan , karena untuk menggunakan applet pengguna hanya perlu mengakses web page.Sedangkan application harus didownload dahulu pada computer local sebelum dapat dieksekusi. Applet juga mempunyai antar muka grafikal. Applet hanya dapat mengakses resources dari dari computer host-nya, dan tidak dapat mengakses file-file pada computer ynag men-download-nya.

Bagi Anda yang ingin mendownload modul java, silahkan klik disini
Share this article :

3 komentar:

Followers on Facebook

 
Copyright © 2011. Jangan Malu Menjadi Programer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger