Pengenalan Visual Basic 6.0

Selasa, 28 September 2010

Berhubung saya seorang programer yang bersekolah di SMKN 7 Pontianak Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), maka saya akan berbagi ilmu tentang aplikasi pembuat program yang saya pelajari yaitu Visual Basic 6.0.
Saya akan membahas mulai dari pengertian sampai dasar-dasar pengenalan Visual Basic.


Visual Basic merupakan salah satu RAD (Rapid Application Development) Tool yang sangat terkenal mudah untuk dipelajari, digunakan dan cepat dalam membangun suatu aplikasi visual. Konsep pengembangan aplikasi dengan Visual Basic akan dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface (warna tombol, warna layar, judul layar, dll) , dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event) untuk setiap objek yang digunakan.
Untuk mengaktifkan IDE(Integrated Developement Environment) Visual Basic, salah satu caranya adalah lewat menu Start -> All Programs -> Microsoft Visual Basic 6.0 -> Microsoft Visual Basic 6.0 (shortcut). Kemudian akan muncul pilihan jenis aplikasi yang akan kita gunakan dalam pembuatan program dengan Visual Basic 6.0. Biasanya untuk pemula dan untuk memulai belajar Visual Basic 6.0 kita memilih Standard EXE.







Berikut komponen window standar pada Visual Basic 6.0 :

1. Menu Bar
Untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti membuat project baru, menyimpan project, membuka Project,dll.

2. Main Tool Bar
Untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat melalui tombol icon-icon yang melambangkan fungsinya masing-masing.

3. Form Design
Merupakan tempat untuk objek-objek dan komponen-komponen yang akan kita gunakan dalam merancang user interface suatu aplikasi.

4. Code Window
Merupakan tempat bagi programmer untuk menuliskan kode program. Jendela ini dapat ditampilkan dengan menekan tombol F7 pada keyboard atau dengan double kilik pada objek atau komponen yang akan disisipi kode program.

5. Project Window
Berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi, biasanya terstruktur secara hirarki baik berdasarkan nama ataupun group.

6. Properties Window
Merupakan daftar properti-properti object yang sedang terpilih. Lewat jendela properties ini kita dapat mengubah jenis font, ukuran font, style font, warna background, dll.

7. Tool Box
Berisi komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mengembangkan user interface.

8. Form Layout Window
Menunjukan bagaimana form yang bersangkutan ditampilkan ketika runtime/program di eksekusi.



Tipe data pada Visual Basic 6.0 :





Penulisan komentar pada Visual Basic 6.0
Komentar sangat berguna sekali untuk menjelaskan maksud dari suatu kode program sehingga memudahkan dalam pembacaan alur program. Pada Visaul Basic 6.0, untuk menuliskan komentar, kita bias menggunakan tanda petik satu ( ‘ ).
Contoh : Dim bil_1 As Integer ‘deklasai variabel bil_1





Operator Aritmatika, Komparasi dan Logika pada Visual basic 6.0 
 

Share this article :

3 komentar:

  1. Hi : Terima kasih atas tutorialnya, semoga bisa menjadi referensi untuk membuat program dengan Visual Basic

    BalasHapus

Followers on Facebook

 
Copyright © 2011. Jangan Malu Menjadi Programer - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger